Minggu, 23 Januari 2011

SAYA, INTERNET & GAYA HIDUP - Internet Oksigen untuk UKM (Usaha Kecil dan Menengah)

                                   Gambar : diambil dari www.google.com
Siapa yang tidak tahu dengan UKM? Si mini tapi kebal krisis ekonomi dunia ?Hmmm..Mari kita bahas terkait langsung maksimalisasinya dengan menggunakan internet.
               
Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.
Kriteria usaha kecil menurut UU No. 9 tahun 1995 adalah sebagai berikut:
1.       Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
2.       Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Milyar Rupiah)
3.       Milik Warga Negara Indonesia
4.       Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar
5.       Berbentuk usaha orang perseorangan , badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.

Banyak ahli Entrepreneur mengatakan bahwa untuk menjadi negara maju minimal 2% dari total jumlah penduduk harus berkecimpung dalam dunia wirausaha baik itu skala kecil sampai skala besar. Sedangkan di sisi lain Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Syarifuddin Hasan menegaskan jumlah wirausaha di Indonesia masih sangat kecil 0,18% dibandingkan jumlah penduduk 237 juta jiwa , angka ini jauh tertinggal  dibandingkan negara maju lainnya seperti Amerika (11%) dan negara tetangga seperti Singapore (7%).
Pemerintah menargetkan bahwa di tahun kelinci ini sektor UKM akan...
naik sebesar 1%, bahkan cita-cita pemerintah Indonesia untuk menempatkan Indonesia sebagai negara peringkat 5 ekonomi terbaik dunia lewat UKM di tahun 2030 harus kita sambut dengan suasana yang optimis juga.

“Kok dari tadi bahas UKM aja, mana hubungannya dengan internet?????” sabarrrrrrr, mari kita bahas.

UKM yang besar menuntut berbagai faktor penunjang yang besar juga, contohnya adalah faktor media promosi, media komunikasi, media penelitian, tentunya media-media yang mudah dan murah yang dicari. Nah, media lewat Internet. :D

           Kita tahu bahwa internet adalah rangkaian komputer yang terhubung dalam jaringan, dengan kata lain dengan internet kita bisa terhubung dengan jutaan komputer lokal bahkan dunia sekalipun. Melalui internet masyarakat mendapatkan akses untuk memperoleh informasi global dan komunikasi instan. Hebat bukan...:D
Sumber : www.google.com
          Internet sangat bisa menjadi oksigen bervolume besar untuk kelangsungan hidup dan perekembangan UKM di Indonesia untuk,
1.     Media Promosi
Internet dapat digunakan sebagai media promosi jasa atau produk yang ingin ditawarkan oleh pengelola UKM. Dalam hal ini seorang pengelola UKM dapat memaksimalisasikan promosi produknya lewat berbagai situs di Internet. Contoh seorang pengelola UKM distro, mereka dapat mempromosikan produk pakaiannya lewat internet. Contoh Blog, Yahoo, Facebook, dll. Ada sedikit informasi yang dilansir oleh vivanews.com terkait dengan jumlah pengguna facebook di seluruh dunia. Ada berapa yaaaaa?? 596.372.520. Wow..:o sungguh angka yang fantastik bukan. Dengan rincian 5 besar jumlah pengguna, peringkat I terbanyak adalah Amerika Serikat (USA) dengan jumlah pengguna 146.591.880, disusul oleh negara kita sendiri Indonesia dengan jumlah pengguna 33.920.020, Inggris di peringkat III dengan jumlah pengguna 27.545.920, Turkey 24.788.400, dan Philipina 20.802.540. Menakjubkan...:D Dengan sedikit informasi ini saja kita dapat beranggapan bahwa kita dapat mengglobalisasikan atau menduniakan bisnis UKM kita lewat situs jejaring sosial yang relatif sederhana dalam penggunaannya. 
     Contoh promosi hasil UKM lewat facebook
 

       Contoh promosi usaha skala besar, www.bhinneka.com



2.     Media Komunikasi
Internet dapat memfasilitasi seorang pengelola UKM untuk berkomunikasi dengan tarif yang murah lewat berbagai metode, seperti chatting, e-mail, bahkan layanan yang berbasis Voice Of Internet Protocol, basis layanan yang memungkinkan kita untuk berbicara jarak jauh, contoh: skype.com. Dengan begitu kemudahan akses komunikasi dapat dirasakan apabila seorang pengelola UKM ingin berkomunkasi dengan rekan bisnis, dan konsumen sekalipun.

3.     Media Penelitian
Selain itu penelitian mutlak diperlukan untuk memantau kehidupan bisnis UKM. Contoh: lewat Internet seorang pengelola UKM dapat membandingan kualitas produknya dengan kualitas produk pesaingnya. Selain itu seorang pengelola UKM juga dapat meningkatkan kualitas produknya dengan melakukan penelitian menggunakan search engine, contoh : google.com.

Tak ada pengecualian untuk pengelola UKM yang ada di pelosok desa sekalipun, sudah banyak desa yang dapat mengakses internet. Untuk desa yang belum merasakan layanan canggih ini, agaknya pemerintah mempercepat pemerataan akses teknologi informasi ini agar tidak terjadi kesenjangan. Untuk desa yang sudah merasakan teknologi ini agar memanfaatkannya semaksimal mungkin dengan cara sehat tentunya.

Begitu besarnya manfaat Internet untuk kehidupan, dan perkembangan UKM di Indonesia. Tak berlebihan apabila internet saya sebut sebagai oksigen untuk kehidupan UKM. Semangat melahirkan UKM kreatif yang berkerabat dengan media informasi canggih (Internet) akan menunjang kehidupan perekonomian bersama dan bermuara pada kemakmuran perekonomian Indonesia. Dengan demikian cita-cita pemerintah untuk menjadikan negara kita masuk dalam jajaran 5 besar ekonomi terbaik di dunia pada tahun 2030 lewat UKM akan terwujud apabila ditunjang oleh media Internet yang akan bisa menduniakan sendi UKM Indonesia. Jaya Indonesiaku!!!!!!!!!!!
Tulisan ini di ikutkan pada lomba menulis blog dalam rangka Ulang Tahun Bhinneka.com (www.bhinneka.com).


2 Responses so far.

Leave a Reply

 
 

Kampus Tercinta

www.kampusparmad.com